Sabtu, 21 Agustus 2010


BAB I
PENGENALAN VISUAL FOXPRO 9.0

1.1 MENGENAL VISUAL FOXPRO 9.0

                 Visual FoxPro 9.0 adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasiberhubungan dengan database. Kemampuanya dalam membuat aplikasi, Membangun database dengan cepat dan mudah, menjadi bahasa Pemrograman ini banyak diminati. Selain menyediakan penanganan aplikasi data dengan kemampuan yang kuat dan cepat, Visual FoxPro 9.0 Juga Mempunyai Fleksibilitas yang diperlukan untuk membangun semua jenis database.

1.2 MEMBUKA VISUAL FOXPRO 9.0
                 Untuk membuka program visual FoxPro, Ikuti Langkah Dibawah ini.
1.      Klik tombol Start (  ) Pada Windows Taksbar.
2.      Pilih All Program > Microsoft Visual Foxpro 9.0
3.      Setelah itu Akan tampil Jendela Program dari Visual FoxPro 9.0

1.3 JENDELA KERJA VISUAL FOXPRO 9.0
                 Setelah Membuka jendela kerja, Berikutnya anda perlu Mengenal Area kerja Visual FoxPro 9.0 Seperti gambar di bawah ini.
Berikut Penjelasan masing-masing elemen yang ada pada area kerja Visual FoxPro 9.0
A.    Menu Bar
Menu bar baris menu yang terdiri dari 7 (tujuh) menu utama yang masing-masing berisikan sub menu dan perintah lagi.
B.     Standard Toolbar
Standard Toolbar adalah kumpulan  tombol berupa ikon yang berisikan perintah. Jika standard Toolbar tidak tampil, anda dapat meng-klik Menu View Pada Menu Bar > Toolber > Pilih Standartd dan OK
C.    Jendela Form Designer
Jendela Form Designer Digunakan sebagai tempat penempatan komponen dari form control dan pendesainan tampilan.
D.    Jendela Kode
Jendela kode Digunakan sebagai tempat pengimputan kode-kode atau perintah unuk menjalankan sebuah program
E.     Jendela Command
Jendela Command berfungsi sebagai tempat pengimputan perintah secara langsung kepada program dari Visual Foxpro, dengan kata Lain Sebagai alternative selain menggunakan menu bar dan toolbar.
F.     Form Controls
Form Controls adalah kumpulan komponen yang natinya dimasukan ke dalam jendela form dalam pembuatan dan pendesainan aplikasi.
G.    Jendela Propertis
Jendela Propertis berfungsi untuk mengatur seluruh proprti dari komponen form Controls dan jendela form.

1.4 FORM CONTROLS
Form Controls adalah kumpulan komponen yang digunakan untuk menambahkan teks atau kotak input, tombol dan lainnya ke dalam form.sangatlah penting untuk mengenal komponen, agar natinya anda tidak bingung dalam mencari dan menggunakannya Lihat Gambar 1.4

Keterangan
No
Nama Controls
Keterangan
1
Select Object
Untuk memilih object/control yang digunakan
2
View Classes
Untuk menampilkan control yang lainnya. Jika anda mengklik
control ini, maka akan tampil pilihan menu, yaitu :
Add, menambah control baru
Standard, menampilkan control standar.
AktiveX Control, menampilkan control ActiveX
3
Label
Control Label
4
Text Box
Kotak text untuk menampung masukan (input) program
5
Edit Box
Untuk menampilkan field memo
6
Command Button
Tombol Perintah
7
Command Group
Kumpulan tombol perintah dalam satu kendali
8
Option Group
Kumpulan control/objek yang menetukan alternative pilihan
9
Check Box
Kotak pilihan
10
Combo Box
Kotak pilihan layar bergulung
11
List Box
Menampilkan kotak/daftar pilihan
12
Spinner
Control/objek yang berfungsi untuk menaikan /menurunkan
nilai/value objek secara otomatis
13
Grid
Control yang berfungsi untuk menampilkan isi record suatu table
14
Image
Untuk menampilkan gambar
15
Timer
Penagatur pemrosesan suatu kegiatan berdasarkan waktu tertentu
16
Page Frame
Control yang berfungsi, membuat suatu halaman dalam suatu form
17
Active X Control
Control ActiveX
18
Active X Bound Control
Kontol ActiveX dengan batasan tertentu
19
Line
Control untuk membuat garis
20
Shape
Control untuk membuat objek kotak, oval, lingkaran dan
sebagainya
21
Kontener
Control untuk menampung beberapa objek/control di dalamnya
22
Separator
Batas pemisah antar control
23
Hyperlink
Untuk membuat Hiperlink
24
Buldier Lock
Untuk menampilkan/mengembalikan objelk secara otomatis
25
Buuton Lock
Mengembalikan control yang telah terkunci untuk penambahan beragam control

1.5 MENGATUR FOLDER PENYIMPANAN FILE
                 Sangatlah Penting Mengatur Folder Penyimpanan file, agar natinya folder tersebut dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan file latihan anda.
Buatlah sebuah folder baru dengan mengikuti langkah di bawah ini :
1.      Bukalah Jendela Explorer dengan meng-klik kanan tombol Start Pada Windows taskbar, kemudian pilih Exporer.
2.      Setelah program dari windows Explorer aktif, buatlah sebuah folder baru dengan mengikuti langkah Gambar 1.5 Pada Halaman Berikut.
3.      Sebuah folder akan tampil pada jendela tersebut, berilah nama pada folder tersebut dengan nama “FoxPro” Dan tekan Enter. Perhatikan Gambar 1.5.

Gambar 1.5 Membuat Sebuah Folder Baru
Gambar 1.6 folder penyimpanan file aplikasi mata kuliah
4.      Klik Ganda Folder FoxPro, Buatlah Satu Buah Folder Lagi Dan Beri nama “ Aplikasi Mata Kuliah” Seperti Gambar 1.6 Dibawah ini.
Gambar 1.7 Folder aplikasi Mata Kuliah
1.6 MENGENAL TABEL DAN TIPE DATA

                 Visual FoxPro Memiliki fasilitas table yang berguna untuk menyimpan data. Untuk membuat table tersebut.

                 Visual FoxPro Juga memiliki tipe data yang berfungsi untuk mengatur proprti dari setiap data pada table. Adapun jenis dari tipe datanya. Dapat anda lihat pada Tabel Dibawah ini.

Tipe Data
Fungsi
Character
Untuk Menyimpan data berupa teks atau angka
Currency
Untuk Menyimpan data berupa mata uang
Date
Untuk menyimpan data Berupa Tanggal
DateTime
Untuk menyimpan data berupa tanggal dan waktu
Double
Untuk menyimpan data berupa bilangan bulat Berpresisi Ganda
Float
Untuk Menyimpan Data Sama Seperti Tipe Data Numeric
General
Untuk menyimpan data dokumen
Integer
Untuk Menyimpan Data Berupa Bilangan Bulat
Logical
Untuk menyimpan data dengan dua nilai, yaitu True dan false
Memo
Untuk menyimpan Data memo


BAB II
Konsep Dasar Database

2.1. Entity
      Entity Adalah Orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya  direkam. Pada bidang Administrasi Siswa misalnya, entity adalah siswa, buku, pembayaran, nilai test. Pada bidang kesehatan,entity adalah pasien, dokter, obat, kamar, dsb.
2.2  Atribut
Setiap entity mempunyai atribut atau sebutan untuk mewakili suatu entity. Seorang siswa dapat dilihat dari atributnya, misalnya nama, nomor siswa, alamat, nama orang tua, hobby. Atribut juga disebut sebagai data elemen , data filed dan data item.
2.3 Data Value ( Nilai atau Isi Data)
Data Value adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada setiap data elemen atau atribute. Atribute nama kariawan menunjukan tempat dimana informasi nama kariawan disimpan sedangkan data value adalah, Darwin, taufik Ashari, Andi Muhlis, Ilham tahir, Mardianto, Mustafa MN Merupakan Isi data Nama Kariawan.
2.4 Record / Tuple
Kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap. Suatu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang misalnya, nomor kariawan, nama kariawan, alamat, kota, tanggal masuk.
2.5 File
Kompulan Record-record sejenis yang mempunyai panjang elemen yang sama, atribute yang sama, namun berbeda-beda data valuenya.

2.6. Database
Kompulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lain sehingga membentuk satu kesatuan bagunan data untuk menginformasikan satu perusahaan, instansi dan batasan tertentu.
Bila terdapat file yang tidak dapat dipadukan atau dihubungkan dengan file yang lainnya berarti file tersebut bukanlah kelompok dari satu database, ia akan dapat membetuk satu database sendiri.
2.7 Database Management Sistem ( DBMS)
Kompulan file yang saling berkaitan bersama dengan program untuk Pengelolannya disebut sebagai DBMS. Database adalah sekumpulan datanya, sedangkan program pengelolahnya berdiri sendiri dalam satu paket program yang komersial untuk membaca data, mengisi data, menghapus data, melaporkan data dalam database.



















BAB III
Mulai Bekerja Dengan
Program Visual Fox Pro 9.0

3.1. Tahapan Pembuatan Aplikasi Mata Kuliah
            
                 Pembuatan program Aplikasi Perpustakaan  terdiri dari beberapa tahapan-tahapan yaitu :
1.    Membuat Project Manager
2.    Membuat Table
3.    Membuat Form Designer
4.    Memasukan Listing / Code Program
5.    Membuat Report
6.    Membuat Menu
7.    Memasukan Listing \ Kode Starup
8.    Membuat File APP.
9.    Membuat File Exe

3.2.       Mengenal dan Membuat Project Manager

                 Project manager Atau biasa disebut project, digunakan untuk mengorganisir dan mengatur file di dalam sebuah project. Project tersebut berisi koleksi file, data, dokumen, dan object Visual FoxPro lainnya yang tersimpan menjadi satu di dalam sebuah file dengan extension.pjx
                 Lagkah Pertama Pembuatan Project manager adalah Sebagai Berikut :
1.      Pada Menu bar Visual FoxPro Pilih Dan Klik > Tombol New Maka Akan Tampil Gambar 3.1. Seperti Dibawah ini
2.      Pada Kotak Dilalog New File Pilih Project, Kemudian Pilih New File
3.      Maka Akan Muncul Kotak Dialog Create Seperti Gambar 3.2
Gambar 3.3 Kotak Dialog Crate Project Manajer

4.      Kemudian Pada Kolom Enter Project File Berikan Nama “Mata_kuliah”
5.      Klik Tombol Save, Maka tampil Project manager Seperti Gambar 1.9 Dibawah ini.
3.3.       Membuat Tabel
       Pada Project manager yang telah kita buat sebelumnya, Maka Pada Project manager Kita Klik Tab Data Kemudian Pilih FreeTabels Kemudian Klik Tombol New Pada Project manager Maka Akan tampil Kotak Dialog seperti Gambat 2.0 Dibawah ini.
Gambar 3.5 New table

·    Pada Kotak Dialog New Tabels Diatas Pilih New Tabels Maka Akan tampil Kotak Dialog Create Pada Kolom Enter Tabels Name Berikan nama “ Tb_mhs” Seperti gambar 2.1 dibawah ini.
Gambar 3.6 Kotak dialog Create

·    Kemudian Tekan Tombol Save, Maka Kotak Dialog Tables Designer Tb_parkir.dbf, seperti yang terlihat pada gambar 3.7

Gambar 3.7 Tables Designer dbf





Tabel Mata Kuliah
Name
Type
Widht
Decimal
Index
Kode_mk
Character
12
-
Ascending
Nm_mk
Character
10
-

Sks
Character
10
-

N_huruf
Character
10
-

N_angka
Numeric
2
-

Bobot
Character
10
-

Ket
Character
10
-


Isikan Fields –Fields Seperti yang Terdapat pada Tabel diatas, Kemudian Klik Tombol OK, Sehingga Pada Project Manager Akan tampil Seperti Gambar 3.8 Dibawah ini :

Gambar 3.8 Projact Manajer Yang Telah Terisi Filds-fildes





3.4.       Membuat Form Designer
1.      Form Input Data mata Kuliah
2.      Form Edit Data Mata Kuliah
3.      Form Hapus Data Mata Kuliah
          4.      Form Cetak Data Mata kuliah

3.5.  Memasukan Listing / Code Program
1.      Listing Form Input Data Mata Kuliah

2.      Listing Form Edit Data Mata Kuliah

3.      Listing Form Hapus Data mata Kuliah

4.      Listing Cetak Data Mata Kuliah

3.6.     Membuat Laporan
       Dalam Pembuatan Laporan Anda Dapat menggunakan fasilitas Visual FoxPro Yang biasa disebut Report. Report Berfungsi untuk Menampilkan data dalam bentuk dokumen yang tercetak pada suatu media.
       Pada projacet manajer yang telah kita buat sebelumnya, Pilih Dan Klik Tab Document pada Projacet Manajer Pilih Reports Kemudian Klik Tombol New Pada Project  maka Akan tampil Kotak Doalog Seperti Gambar dibawah ini.
·           Pilih Dan Klik New Reports, Sehingga Tampil gambar Dibawah ini.
·           Klik kanan Pada Reports Designer Yang Masih Kosong Pilih Data Envirotmeand
\
·           Klik Kanan Pada Data Envirodmand, Kemudian Add, Sehingga Tampil gambar Dibawah ini.
·           Klik Drang Ke Reports, Kemudian Atur Laporan Data Matakuliah anda Seperti gambar dibawah ini.
3.7.     Membuat Menu Bar
       Menu bar Merupakan Sistem Menu yang sering anda jumpai pada aplikasi-aplikasi yang anda lihat pada windows umumnya. Gambar dibawah ini memperlihatkan contoh Menu bar aplikasi Visual FoxPro.

Untuk Membuat sebuah menu, anda dapat, Membuat Dari Project Manajer yang sebelumnya anda buat.    
·    Pada Project manajer Pilih Tab Other Kemudian Pilih Menu > New Pada Project Manajer Maka Akan Tampil Kotak Dialog Seperti Gambar Dibawah ini
·    Pilih Menu Maka Akan Tampil GambarSeperti Dibawah ini.
1.      Menu File
2.      Menu Laporan

3.8. Memasukan Listing / Code Starup
            Pada Project manajer, Pada Tab Code Pilih Program Kemudian New Maka Tampil Gambar Seperti Dibawah ini.
Kemudian Ketikan Listing / Code Starup Seperti Gambar Dibawah ini.

3.9. Melakukan Kompilasi Program
           Program utama dapat dikompilasi dalam dua bentuk, yakni :
·           Berupa file aplikasi (.APP)
·           Berupa File Exsekusi(.EXE)
   Perbedan utama kedua bentuk Tersebut adalah bahwa file yang dikompilasi menjadi File .APP Hanya dapat dijalankan pada computer Dimana juga diinstal perangkat lunak Microsoft Visual FoxPro. Sedangkan File .EXE Dapat dijalankan pada computer yang tidak terdapat instalasi Visual FoxPro didalamnya.

4.0.  Membuat File Aplikasi (.APP)
File .App Maupun File .EXE Hanya bias dibuat jika file program utama sudah ditentukan dalam proyek. Untuk mengompilasi proyek menjadi sebuah File. APP Langkahnya.
1.      Pada Project manajer, klik Bulid…..Sehingga akan muncul Kotack Dialog Buld Options.
2.      Pilih Kotak dialog Beri tanda cek ( ) Pada Pilihan Application (app)
3.      Jika ingin mengompilasi ulang semua file mata Kuliahdan menampilkan jenis kesalahan yag muncul selama proses kompilasi. Beri tanda cek ( ) pada pilihan Recompile All Files dan Display Error
4.      Pilih OK Hingga Muncul Kotak Dialog Save As ketikan nama File .APP Lalu Klik Save Sehingga Mata Kuliah akan Dikompilasi Menjadi File .APP
4.1.  Membuat File Eksekusi (.EXE)
          Untuk mengompilasi Mata Kuliah menjadi sebuah File EXE langkahnya :
1.     Pada Project manajer Klik Bulid…Sehingga Muncul Kotak Dialog Bulid Options
2.         Pada kotak dialog Bulid Options, beri tanda cek ( ) Pada pilihan Win32 executable / COM Server (exe)
3.         Jika ingin mengompilasi ulang semua file dan menapilkan jenios kesalahan yang mungkin muncul selama proses kompilasi. Beri tanda cek ( ) pada pilihan Recompile All Files dan Display Error
4.         Klik OK sehingga muncul kotak dialog Save as, Ketikan Nama File Exe Lalu Klik Save  Data Akan Dikompilasi Menjadi file Exe

4.2.       File Eksekusi (EXE)

1 komentar: